PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HEREDENGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTsN DANAU BINGKUANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Liza Salfina, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/4156/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4156/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4156/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4156/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4156/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4156/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4156/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/4156/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa di MTsN Danau Bingkuang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tergolong rendah. Sebagian besar hasil belajar matematika siswa masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu dibawah 70. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti memberikan solusi yaitu strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here dengan pemanfaatan alat peraga yang bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A TeacherHere dengan pemanfaatan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Danau Bingkuang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here dengan pemanfaatan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Danau Bingkuang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-Only Design With Nonequivalent Group.Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas VII MTsN Danau Bingkuang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar sebanyak 98 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipeEveryone Is A Teacher Here dengan pemanfaatan alat peraga. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here dengan pemanfaatan alat peraga dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest.Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here dengan pemanfaatan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN Danau Bingkuang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen yaitu 77,13 dan kelas kontrol yaitu 68,44.