PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGINAP DI HOTEL MUTIARA DI KECAMATAN KANDIS
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Hotel Mutiara di Kecamatan Kandis, penelitian ini dilakukan sejak bulan maret 2014 hingga selesai. Adapun jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling, sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) digunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil uji Regresi Linier Berganda di peroleh persamaan : Y = 13,586 – 0,035X1 – 0,119X2 + 0,482X3. Kemudian dari Uji Parsial (Uji t) diketahui bahwa variabel lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menginap di Hotel Mutiara di Kecataman Kandis, dimana nilai thitung sebesar 5.277 dan ttabel sebesar 1,985. sedangkan berdasakan hasil Uji Simultan (Uji f) diketahui bahwa variabel Harga, Promosi dan Lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menginap di Hotel Mutiara di Kecamatan Kandis, dimana nilai Fhitung sebesar 10,638 > Ftabel 2,700 dengan tingkat signifikan 0,000<0,05. sedangkan berdasarakan perhitungan nilai Koefisien Determinasi (R2 ) diperoleh nilai R Square sebesar 0,251. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama Harga, Promosi dan Lokasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen menginap di Hotel Mutiara di Kecamatan Kandis sebesar 25,1% sedangkan sisanya sebesar 74,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Keputusan Konsumen, Harga, Promosi dan Lokasi