PENGARUH RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN TOSERBA DAN SWALAYAN FAJRI MART PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada Toserba dan Swalayan Fajri Mart Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk, harga, lokasi, promosi, presentasi, pelayanan terhadap keputusan pembelian di toserba dan swalayan fajri mart pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan survei yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh retailing mix terhadap keputusan pembelian pada Toserba dan Swalayan Fajri Mart Pekanbaru. Teknik atau Metode pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara, kuesioner, dan observasi di perusahaan. Untuk pengujian Analisis kualitas data menggunakan uji Validitas, Reliabilitas, uji Normalitas, Uji Asumsi klasik, uji f, uji t dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk (X 1 ), harga (X 2 ), lokasi (X 3 ), promosi (X 4 ), presentasi (X 5 ), dan pelayanan (X6) secara simultan atau bersamama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toserba dan Swalayan Fajri Mart (Y), dengan hasil penelitian diketahui F hitung 114,539 > F tabel 2,198 dengan Sig. 0,000 < 0,05. Sementara uji persial Untuk produk diketahui t hitung (2,349) > t tabel (1,986) dan Sig. (0,021) < 0,05. Artinya variabel produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian,untuk harga diketahui t hitung (-2,025) < t tabel (1,986) dan Sig. (0,046) < 0,05. Artinya variabel harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, untuk lokasi diketahui t hitung (6,399) > t tabel (1,986) dan Sig. (0,000) < 0,05. Artinya variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, untuk promosi diketahui t hitung (4,491) > t tabel (1,986) dan Sig. (0,000) < 0,05. Artinya variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, untuk presentasi diketahui t hitung (5,391) < t tabel (1,986) dan Sig. (0,000) > 0,05. Artinya variabel presentasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dan untuk pelayanan diketahui t hitung (3,442) > t tabel (1,986) dan Sig. (0,001) < 0,05. Artinya variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan diketahui nilai R adalah 0,939, berarati hubungan antara variabel independen (produk,harga, lokasi, promosi, presentasi, pelayanan) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) sebesar 9,39% yang artinya hubungannya sangat kuat. Sedangkan nilai Adjust R Square sebesar 0,873 yang artinya adalah sumbangan pengaruh variabel independen (produk, haraga, lokasi, promosi, presentasi, pelayanan) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) adalah sebesar 87,3 %, sedangkan sisanya sebesar 12,7 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Retailing Mix, Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Presentasi, Pelayanan, Keputusan Pembelian.