Daftar Isi:
  • Penelitin ini dilakukan di rumah sakit jiwa tampan pekanbaru provinsi riau (studi kasus rawat inap kelas III). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan administrasi pada RSJ Tampan Khususnya Ruang Rawat Inap Kelas III. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah jenis penelitian deskiptif analisis dimana data deskriptif jawaban responden dan di analisa oleh penulis. Yang menjadi populasi ini adalah jumlah Ex. Perawat dan keluarga pasien yang dirawat pada ruang rawat inap kelas III pada bulan ja nuari - agustus 2013 sebanyak 3100 orang. Untuk keperluan penelitian di perlukan sampel berjumlah 97 orang. Dari hasil penelitan lapangan dan pembahasan melalui penyebaran kuesioner,observasi, serta interview t e rhadap responden maka secara garis besar dapat diambil kesimpulan bahwa pelayanan yang di berikan atau dilakukan oleh pegawai, perawat maupun dokter pada RSJ Tampan Khususnya Ruang Rawat Inap Kelas III yaitu pelayanan yang kurang baik dan pada akhirnya menyebabkan proses pelayanan itu sendiri men jadi terhambat. Adapun fa k tor yang menghambat pelaksanaan efektifitas pelayanan administrasi pada RSJ Tampan Khususnya Ruang Rawat Inap Kelas III : Kurangnya Informasi persyaratan dan prosedur, Kurangnya S a rana dan Prasarana serta Kompetensi dalam memberik an pelayanan yang masih rendah. Kata Kunci : Pelayanan,Administrasi , Rumah Sakit Jiwa Tampan