PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TABUNGAN TERHADAP LOYALITAS PENABUNG PADA PD. BANK PERKREDITAN RAKYAT ROHIL PUSAT BAGANSIAPIAPI
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada PD. Bank Perkreditan Rakyat Rohil Pusat Bagansiapiapi, dengan permasalahan adalah bagaimanakah pengaruh bauran pemasaran jasa tabungan terhadap loyalitas penabung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh bauran pemasaran jasa tabungan terhadap loyalitas penabung. Populasi dalam penelitian ini seluruh Nasabah yang menabung pada jenis simpanan tabungan pada PD. Bank Perkreditan Rakyat Rohil Pusat Bagansiapiapi Tahun 2013, yang berjumlah 11.674 orang, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan metode Accidental Sampling yaitu pengambilan sampel secara tidak sengaja, dengan catatan sampel tersebut mempunyai hubungan dengan permasalahan yang sedang diteliti. Besarnya sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden. Dalam menganalisa data digunakan metode kuantitatif, kemudian dari hasil penelitian tersebut di analisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Dari analisis yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS, terbukti bahwa secara bersama-sama program bauran pemasaran jasa tabungan (Bukti Fisik, Orang dan Proses) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas penabung pada PD. Bank Perkreditan Rakyat Rohil Pusat Bagansiapiapi, dengan F hitung > F-tabel yaitu 44,236 > 8,555. Secara parsial Bukti Fisik (X1), Orang (X2),dan Proses (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas penabung, karena t hitung dari variabel dependent tersebut lebih besar dari pada t tabelnya. Dimana t hitung Bukti Fisik adalah sebesar 4,489, Orang sebesar 6,043 dan Proses sebesar 4.842, dengan t tabel sebesar 1,984. Sehingga variabel Orang lebih dominan mempengaruhi loyalitas penabung pada PD. Bank Perkreditan Rakyat Rohil Pusat Bagansiapiapi, karena memiliki nilai t-hitung yang lebih besar dibandingkan variabel lain. Selanjutnya dari hasil koefisien adjusted R2 (adjusted R Square) adalah sebesar 0,567, menunjukkan bahwa 56,7 % loyalitas penabung (Y) pada PD. Bank Perkreditan Rakyat Rohil Pusat Bagansiapiapi bisa diterangkan dengan variabel Bukti Fisik (X1), Orang (X2), dan Proses (X3), sedangkan sisanya 43.3% dapat diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata kunci: Bukti Fisik, Orang, Proses dan loyalitas.