PENGARUH BAURAN RITAIL (RETAILING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN KIOSK 999 DI KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Produk, harga, lokasi, promosi, presentasi dan personal dari bauran retail merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian karena untuk meningkatkan keputusan pembelian diperlukan adanya pengetahuan dan pemahaman terhadap konsumen, dalam hal ini harus memahami variabel- variabel apa saja yang menjadi dorongan bagi meningkatnya keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran retail yakni produk, harga, lokasi, promosi, presentasi, dan personal terhadap keputusan pembelian pada swalayan kiosk 999 di Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru dan manakah dari keenam variabel tersebut yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Jumlah populasi seluruh konsumen swalayan kiosk 999 sebanyak 3.960 konsumen dan sample yang terpilih sebanyak 100 responden yang berbelanja di swalayan kiosk 999 dengan menggunakan teknik accendential sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuesioner, dan studi keperpustakaan. Data yang diperoleh dianalisa secara kuantitatif dengan menggunakan alat analisis berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan uji f, uji t, dan koefisien determinasi dengan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Dari hasil analisis statistik diketahui terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), promosi (X4), dan personal (X6) terhadap keputusan pembelian (Y) pada swalayan kiosk 999, dimana t hitung masing- masing variable sebesar X1(2.253), X2 (2.034), X3 (2.170) dan X4 (2.026), dan X6 (1.993) lebih besar dari t tabel (1,98). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara produk, harga, lokasi, promosi, presentasi dan personal terhadap keputusan pembelian pada swalayan kiosk 999 dimana F hitung (29.675) > F tabel (2.198). Sumbangan koefisien determinasi pengaruh produk, harga, lokasi, promosi, presentasi dan personal terhadap keputusan pembelian pada swalayan kiosk 999 adalah sebesar 63,5%. Sedangkan sisanya 36.5% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model. Kata kunci: produk, harga, lokasi, promosi, presentasi, personal dan keputusan pembelian