PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE ARGUMEN DAN ARGUMEN TANDINGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Eni Fitriani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/3843/2/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3843/1/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3843/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3843/3/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3843/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3843/4/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3843/5/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3843/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran active learning tipe argumen dan argumen tandingan dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak pada materi kalimat tayyibah siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Dalam pelajaran Aqidah Ahlak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran active learning tipe argumen dan argumen tandingan untuk meningkatkan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata 42% berada pada interval 40%-55% dengan kategori kurang. Terjadi peningkatan yaitu pada siklus I dengan yaitu 58% berada pada interval 56%-75% dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan yaitu 84% berada pada interval 76%-100% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerpan strategi pembelajaran active learning tipe argumen dan argumen tandingan dapat meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak pada materi kalimat tayyibah siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.