Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe team games tournament pada mata pelajaran AlQur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri Dumai dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1)Bagaimanakah penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Dumai ? dan 2) Apakah faktor- foktor yang mempengaruhi penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri Dumai ? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Al-Quran Hadis di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Dumai. Objek dalam penelitian ini adalah Penggunaan Strategi Pembelajara Kooperatif tipe Team Games Tournament pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dengan rumus : x100% fn p  Keterangan: P = Angka Persentase F = Frekuensi yang sedang di cari N = Jumlah Frekuensi Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe team games tournament pada mata pelajaran AlQur’an Hadis di Madrasah Aliyah Negeri Dumai tergolong dalam kategori “baik” dengan persentase 78,17%. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe team games tournament pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis tersebut adalah bahwa guru harus lebih bijak lagi dalam memilih strategi-strategi pembelajaran yang efektif untuk membangkitkan motivasi dan semangat belajar siswa dengan mencoba berbagai macam model pembelajaran yang bervariasi agar tercipta proses pembelajaran yang aktif, inovatif,kreatif, efektif dan menyenangkan.