Daftar Isi:
  • Panti Asuhan Muhammadiyah merupakan lembaga yang mengasuh anak terlantar, yatim piatu, fakir miskin bertujuan memenuhi kebutuhan anak, terutama pada peroses perkembangannya. Di panti asuhan anak diasuh dan dibina agar terhindar dari perilaku-perilaku yang baik dan juga perilaku yang buruk Faktanya, tidak semua panti asuhan melakukan pelaksanaan pembinaan terhadap perilaku anak dengan maksimal, padahal anak-anak di panti asuhan membutuhkan pembinaan perilaku untuk menjadi peribadi yang mulia. Inilah yang menjadi inti pemasalahan penelitian tentang pelaksanaan pembinaan terhadap perilaku anak asuh di Panti Asuhan Muhammadiyah Terpadu Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan terhadap perilaku anak asuh di Panti Asuhan Muhammadiyah. Untuk memperoleh data-data tersebut penulis mengunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diklasifikasikan dengan mengunakan metode diskriftif kualitatif yang mengambarkan situasi atau peristiwa secara menyeluruh. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembinaan terhadap perilaku anak asuh di Panti Asuhan Muhaamadiyah Terpadu Kecamatan Tualang Kabupaten Siak sudah dijalankan dengan maksimal dan dapat berjalan secara efektif ini ditandai dengan adanya tujuan pembinaan, langkah-langkah pembinaan, bentuk pembinaan, proses pembinaan, metode pembinaan, materi pembinaan, dan pembimbing yang memenuhi kritria salah satu metode yang dilakukan terhadap anak asuh dengan metode bimbingan maka anak di panti asuhan menjadi terlatih dan terbiasa melakukan perbuatan yang mulia ( berakhlak mulia)