Daftar Isi:
  • Banyaknya roti yang kadaluarsa pada daerah pemasaran kota kerinci membuat perusahaan Cv. Prima Sari rugi. Dari data penjualan daerah pemasaran kota kerinci yang dimulai pada bulan Januari 2007 sampai dengan bulan Mei 2008 terlihat jelas perusahaan mengalami penurunan penjualan pada daerah pemasaran kota kerinci. Untuk menghindari perusahaan merugi terus menerus, penulis membuat suatu penelitian yang diawali dengan membuat kuesioner yang disebarkan pada outlet maupun konsumen yang ada pada daerah pemasaran kota kerinci. Data yang didapat dari kuesioner diuji dulu validitas dan reliabelnya, setelah data dinyatakan valid dan reliabel maka peneliti dapat mengolah data dengan SPSS atau metode One Sample t Test sehingga dapat dianalisa dengan Analisa Pareto, Sebab Akibat dan Analisa penentuan Strategi SWOT. Sehingga perusahaan dapat mengetahui kemungkinan penyebab turunnya penjualan roti Prima Sari pada daerah penjualan kota kerinci serta dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk daerah pemasaran tersebut. Kata Kunci: Analisa Pareto, One Sample t Test, Sebab Akibat dan Penentuan Strategi SWOT.