Daftar Isi:
  • Penerapan teknologi multimedia pada perangkat ajar dinilai sangat bermanfaat dan dapat mendukung semangat siswa dalam belajar. Metode manual yang selama ini digunakan terkesan monoton dan kurang aktif melibatkan siswa. Padahal materi pelajaran sistem peredaran darah manusia memerlukan tingkat berpikir abstrak. Karena konsep ini berkaitan dengan proses dalam tubuh yang tidak dapat diamati secara langsung. Dengan memanfaatkan teknologi Computer Aided Learning 3D memberikan alternatif dan menguji efektifitas dalam proses belajar siswa dalam memahami materi pelajaran sistem peredaran darah manusia. Perangkat lunak yang digunakan dalam pembuatan multimedia interaktif ini adalah Adobe Flash, 3DSMax dan ARToolkit. Dari hasil kuisioner yang telah disebarkan menunjukkan total persentase aspek multimedia dan penggunaan aplikasi ini pada siswa sebesar 80,41% dan hasil persentase guru diperoleh 86,1%. Hasil persentase tersebut diinterpretasikan bahwa siswa dan guru sangat setuju jika aplikasi pembelajaran sistem peredaran darah manusia dapat dijadikan alternatif dalam proses belajar siswa dan memiliki aspek dalam penggunaan multimedia. Kata kunci: Computer Aided Learning, Media Pembelajaran, Sistem Peredaran Darah Manusia