RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA SMARTPHONE ANDROID (STUDI KASUS MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS IX)

Main Author: Aljabar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/3508/1/fm.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3508/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3508/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3508/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3508/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3508/
Daftar Isi:
  • Untuk mempelajari sistem tata surya tidaklah mudah, karena sistem tata surya berada di luar bumi sehingga sulit untuk diamati. Pada metode konvensional guru mengajarkan materi sistem tata surya melalui buku cetak dengan membaca satu persatu objek antariksa sambil memperhatikan gambar yang tertera di buku.Penggunaan alat bantu konvensional ini belum dapat mencapai tujuan secara optimal, sehingga perlu ada dukungan teknologi informasi yang bisa diterapkan pada materi ini.Augmented reality merupakan suatu terobosan yang sangat berguna dan dapat diterapkan pada perangkat mobile berbasis Android yang dapat menampilkan objek dan animasi tata surya beserta informasinya kelingkungan nyata secara real time, pengguna dapat berinteraksi langsung dengan objek planet yang dilihat dengan menggerakkan marker yang mewakili objek 3D dari planet tersebut dengan bantuan kamera Handphone sebagai alat untuk menangkap frame dari marker. Aplikasi ini berupa sebuah buku Augmented Reality. Pengembangan sistem menggunakan metode R&D (Research and Development). Dengan aplikasi Augmented Reality, pengguna dapat lebih mudah dalam mempelajari tata surya. Kata kunci: 3d Max, Android, Augmented Reality, Mobile, Smartphone, Unity 3D