Daftar Isi:
  • Layanan bimbingan kelompok merupakan suatu cara memberikan bantuan (bimbingan) kepada individu (siswa) melalui kegiatan kelompok dengan pembahasan topik-topik umum yang menjadi kepedulian bersama. Motivasi dalam belajar berperanan penting bagi manusia apalagi siswa/pelajar. Baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Fenomena yang terjadi di lapangan adalah masih adanya siswa yang kurang termotivasi dalam belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMAN 1 Kelayang Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Adapun jumlah populasi penulis dalam penelitian ini berjumlah 106 orang, sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 45% dari populasi yang ada dengan jumlah 48 orang. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengambilan datanya yaitu angket yang disebarkan kepada responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengolahan untuk mendapatkan hasil yang diperoleh dari data angket, penulis menggunakan program SPSS (Statistical Program For Social Science) persi 16,0. Berdasarkan pengolahan software SPSS (Statistical Program For Social Science) persi 16,0 diperoleh thitung = 3,544, sedangkan ttabel = 2.013. Karena thitung > ttabel (3,544 > 2,013) dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain ada pengaruh antara layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMAN 1 Kelayang Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu. Adapun nilai thitung = 3,544, tthitung > ttabel (3,544> 2,013) maka H0 di tolak. Sedangkan nilai r = 0.463. r hitung > r tabel yaitu 0.463 > 0.291, H0 di tolak. dengan kata lain bahwa “ada pengaruh antara layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMAN 1 Kelayang Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu, yang termasuk dalam kategori cukup berpengaruh yaitu 0,463. Karena kriteria 0,40-0,599 termasuk dalam kategori cukup berpangaruh. Sedangkan Nilai koefisien determinasinya 0,214 atau 21,4%. Hal ini berarti 21,4% layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X di SMAN 1 Kelayang Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu, sedangkan 78,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.