STRATEGI BANK BRI SYARIAH DALAM MENANGANI PEMBIAYAAN KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) BERMASALAH (Study Kasus Pada Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru)
Main Author: | Nurkhair, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/3249/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3249/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3249/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3249/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3249/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3249/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3249/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3249/ |
Daftar Isi:
- Laporan ini berjudul “Strategi Bank BRI Syariah Dalam Menangani Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bermasalah (Studi Kasus Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru)”. Latar belakang pengambilan judul ini adalah karena bank sangat berfungsi dalam perekonomian suatu Negara, namun sebagian pembiayaan yang disalurkan kepada nasabah mengalami pembiayaan bermasalah. Rumusan masalah dalam laporan ini adalah Faktor – faktor apa saja yang menyebabkan pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah di Bank BRI Syariah menjadi bermasalah. Bagaimana strategi Bank BRI Syariah dalam menangani pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah bermasalah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dilapangan yaitu pimpinan, karyawan, dan nasabah pembiayaan Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru, data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku dan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan yang bertugas pada bagian pembiayaan yang berjumlah 17 orang dan yang menjadi sample yaitu pimpinan berjumlah 1 orang dan karyawan bagian kredit berjumlah 4 orang. Metode yang digunakan adalah purposive sample, yaitu pengambilan sample dengan berdasarkan pertimbangan peneliti yang dianggap representative dan dipilih secara cermat dengan mengambil orang/objek penelitian yang selektif serta mempunyai cirri-ciri spesifik. Dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu suatu cara penulisan dan pengumpulan, mengklasifikasikan data serta menganalisa data sedemikian rupa yang berhubungan dengan teori yang berkaitan dengan masalah yang dibahas untuk mengambil suatu kesimpulan. Dari penelitian yang penulis lakukan diketahui bahwa faktor-faktor yang menyebabkan pembiayaan KPR bermasalah pada Bank BRI Syariah Cabang Pekanbaru, karena adanya dua faktor yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini terjadi karena terbatasnya personil analis pembiayaan (Account Officer), dan tidak tersedianya petugas khusus untuk melakukan pembinaan nasabah. Sedangkan faktor eksternal karena adanya unsur kesengajaan dan tidak sengaja. Strategi Bank BRI Syariah dalam menangani pembiayaan KPR bermasalah adalah melakukan pembinaan, melakukan restrukturisasi pembiayaan KPR bermasalah kepada nasabah, melakukan penyelesaian pembiayaan KPR bermasalah kepada nasabah yang tidak mempunyai iktikad baik.