PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN PAPAN MEMORI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 013 KUMANTAN KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Wirda Ratna Ningsih, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/3137/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3137/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3137/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3137/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3137/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3137/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3137/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3137/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar melalui penerapan teknik pembelajaran Papan Memori. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Sekolah DasarNegeri 013 Kumantan. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan Strategi pembelajaran kooperatif dengan Teknik Papan Memori dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 013 Kumantan Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2015-2016 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran papan memori dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa. Hasil ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, hingga siklus II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan (pra siklus) ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai45%, lalu pada siklus I meningkat menjadi70%, dan pada siklus II ketuntasannya berhasil mencapai 90%. Dengan demikian disimpulkan bahwa melalui penerapan Teknik Pembelajaran Papan Memori, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 013 Kumantan dapat ditingkatkan.