PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU

Main Author: Taufik Hidayat,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/3136/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3136/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3136/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3136/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3136/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3136/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3136/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3136/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru, dengan rumusan masalah yaitu: apakah ada pengaruh penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru?. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model Pembelajaran Cooperatif Tipe Teams Games Tournament berpengaruh terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X, dengan kelas X TKJ1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Teams Games Tournament dan kelas X TKJ2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi tes. Data yang didapat dilakukan analisis menggunakan rumus tes-t, dengan melalui uji persyaratan menggunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data dan uji varian untuk melihat homogenitas data. Diperoleh thitung > ttabel (2,52 > 2,01). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya pengaruh antara hasil belajar pendidikan agama islam siswa yang menggunakan model Pembelajaran Cooperatif Tipe Teams Games Tournament dan hasil belajar pendidikan agama islam siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru.