PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII E DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Khairun Nisa,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/3125/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3125/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3125/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3125/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3125/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3125/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3125/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3125/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan strategi practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh ang signifikan penerapan strategi practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kampar Kabupaten Kampar?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperiment, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh suatu treatment yang diberikan pada salah satu kelas (kelas eksperimen) dan membandingkan hasilnya dengan (kelas kontrol) yang tidak diberi treatment (menggunakan pembelajaran konvensional). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII D di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kampar Kabupaten Kampar dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Peneliti menggunakan tes ”t” untuk menganalisis data. Dari analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fiqih kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka penerapan strategi practice rehearsal pairs pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kampar Kabupaten Kampar pada kelas eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari mean hasil belajar eksperimen 82,96 lebih baik dari hasil belajar kelas kontrol 67,2.