PENERAPAN METODE PERMAINAN PERANG KOBOI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 002 KUAPAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Erlinda Marni,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/3122/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3122/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3122/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3122/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3122/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3122/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3122/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/3122/
Daftar Isi:
  • Penelelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, objek penelitian ini adalah penerapan metode permainan perang koboi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, sedangkan objeknya adalah guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2015-2016. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa metode permainan perang koboi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam hal ini dapat dilihat sebelum tindakan ketuntasan klasikal siswa yang tuntas adalah 45% atau hanya 9 orang siswa yang tuntas, setelah tindakan pada siklus I ketuntasan klasikal siswa yang tuntas adalah 70% atau terdapat 14 orang siswa yang tuntas, pada siklus II ketuntasan klasikal siswa yang tuntas meningkat 90%.