Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal-Nur Kandis. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Demonstrasi Efektif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal-Nur Kandis?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian angket. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal-Nur Kandis tahun ajaran 2015/2016, dengan sampel siswa kelas 2 A dan 2 B Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal-Nur Kandis. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal-Nur Kandis. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan angket. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal-Nur Kandis. Karena nilai To = 11.8 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.72 dan taraf signifikansi 5% = 2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Penggunaan Metode Demonstrasi Efektif Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal-Nur Kandis.