STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN PT. KUNANGO JANTAN PEKANBARU
Main Author: | Okta Sofia Nofora, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/31196/1/BAB%20V%282%29.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/31196/2/SKRIPSI%20GABUNGAN%285%29.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/31196/ |
Daftar Isi:
- Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul Skripsi : Strategi Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Pelanggan PT. Kunango Jantan Pekanbaru Dengan Semakin ketatnya persaingan dalam dunia industri manufaktur, menuntut pihak perusahaan untuk terus melakukan perbaikan dan mempertahankan kinerjanya, seperti mempertahankan dalam penyedian, pemoresan, distibusi, plat baja dan beton. Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi marketing publicrelations dalam mempertahankan pelanggan PT. Kunango Jantan Pekanbaru.Peneliti melakukan penelitian di kantor cabang PT. Kunango Jantan Pekanbaru. Informan penelitian ini sebanyak tiga orang yaitu, bagian HRD, humas dan marketing.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi,dan dokumentasi.Dari hasil penelitian ditemukan bahwamarketing public relations dalam mempertahankan pelanggan PT. Kunango Jantan Pekanbaru dilihat dengan cara pertama, push strategy (mendorong) yaitu memasarkan beton dan material baja kepada pelangganyaitu memasarkan beton dan material baja untuk industri kontruksi, kelistrikan, pertambangan, telekomununikasi, dan perhubungan.Kedua, pull strategy yaitu menarik perhatian pelanggan dengan cara iklan ataupun promosidan memanfaatkan media sosial seperti memanfaatkan instagram dan web PT. Kunango Jantan Pekanbaru. Ketiga, pass strategy yaitu mempengarahui atau membujuk pelanggan dengan cara menciptakan opini publik terhadap barang atau jasa.PT. Kunango Jantan Pekanbaru mengapresiasi kerjasama dengan pelanggan dalan penyelenggaraan opini publik, yaitu mengadakan pertemuan PT. Kunango Jantan dengan perusahaan lain. Berdasarkan hasil penelitian peneliti dilapangan bahwa marketing public relations berdampak baik kepada perusahaan dan pelanggan. Kata Kunci : Strategi, Marketing Public Relations, Pelanggan.