Strategi Pemasaran PT. Amanah Travel Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umrah di Kota Pekanbaru
Main Author: | Diah Ramadhani, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/31150/1/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/31150/2/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/31150/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nama : Diah Ramadhani Jurusan : Manajemen Dakwah Judul : Strategi Pemasaran PT. Amanah Travel Dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Umrah di Kota Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya jumlah jamaah umrah PT. Amanah Travel setiap tahunnya dan banyaknya kantor cabang PT. Amanah Travel. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Amanah Travel untuk meningkatkan jumlah jamaah umrah di Kota Pekanbaru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Amanah Travel untuk meningkatkan jumlah jamaah umrah di Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PT. Amanah Travel Kota Pekanbaru. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga (3) orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa strategi pemasaran PT. Amanah Travel dalam meningkatkan jumlah jamaah umrah di Kota Pekanbaru terdapat tujuh (7) indikator: Pertama, strategi produk (Product), yaitu dengan menawarkan paket-paket yang bervariatif, memiliki pertimbangan dan tahapan dalam pembentukan paket ibadah umrah. Kedua, strategi harga (Price), yaitu memiliki harga yang sesuai dengan fasilitas yang didapatkan, memiliki pertimbangan dan tahapan dalam penetapan harga paket ibadah umrah. Ketiga, strategi tempat (Place), yaitu melakukan pendistribusian secara langsung untuk memudahkan calon jamaah dalam melakukan proses pendaftaran dan memiliki banyak kantor cabang diberbagai daerah. Keempat, strategi promosi (Promotion), yaitu dengan membentuk tim-tim dan jadwal kegiatan promosi yang dilakukan serta menggunakan media pendukung. Kelima, strategi orang (people), yaitu memiliki prosedur rekruitmen karyawan, melakukan pelatihan meningkatkan skill dan keterampilan karyawan, dan memberikan motivasi kepada karyawan. Keenam, strategi bukti fisik (physical evidence), yaitu memperlihatkan testimoni perjalanan umrah sebelumnya kepada calon jamaah, menyediakan sarana dan prasarana yang baik, mempunyai muthawwaif dan muthawwifah yang berpengalaman. Ketujuh, strategi proses (process), yaitu memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan keinginan jamaah dan mampu memberikan kepercayaan kepada jamaah. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Jamaah Umrah