SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP MANAJEMEN KELAS DI SMP NEGERI 1 KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Salman Alfarisi, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/3107/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3107/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3107/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3107/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3107/6/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3107/5/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3107/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/3107/ |
Daftar Isi:
- Dalam tesis ini penulis ingin mengungkapkan supervisi kepala sekolah terhadap manajemen kelas di SMP Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Supervisi adalah usaha untuk menstimulasi, membimbing secara kontinyu pertumbuhan dan perkembangan guru-guru dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran, termasuk di dalamnya peran penting kepala sekolah dalam supervisi manajemen kelas. Supervisi yang dimaksudkan disini adalah bantuan yang diberikan kepada guru-guru agar tercipta situasi belajar dan mengajar yang lebih baik dan terciptanya manajemen kelas yang bermutu. Kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan tertinggi di sekolah harus mampu menilai atau mensupervisi semua aspek yang berhubungan dengan pendidikan terutama proses pembelajaran atau kegiatan guru di dalam kelas yang sangat menentukan tercapai tidaknya tujuan dari sekolah tersebut. Manajemen kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar dan mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memberikan motivasi siswa untuk belajar dengan baik baik sesuai kemampuan. Oleh karena demikian, supervisi kepala sekolah terhadap manajemen kelas sangat penting dilaksanakan agar apabila terjadi kesalahan ataupun kekurangan pada guru dalam pengelolaan kelas maka kepala sekolah sebagai manajer tertinggi di sekolah bisa memberikan bimbingan, tuntunan dan pengarahan kearah lebih baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimana perencanaan supervisi kepala sekolah terhadap manajemen kelas di SMP Negeri 1 Siak Hulu, (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap manajemen kelas di SMP Negeri 1 Siak Hulu, dan (3) Bagaimana penilaian dan tindak lanjut pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap manajemen kelas di SMP Negeri 1 Siak Hulu. Sedangkan yang menjadi tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Perencanaan supervisi kepala sekolah terhadap manajemen kelas di SMP Negeri 1 Siak Hulu, (2) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap manajemen kelas di SMP Negeri 1 Siak Hulu, dan (3) Penilaian dan tindak lanjut dari pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap manajemen kelas di SMP Negeri 1 Siak Hulu. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research ) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dilaksanakan di SMP Negeri 1 Siak Hulu Kabupaten Kampar dengan waktu penelitian selama 5 bulan yang dimulai sejak bulan Juli sampai dengan bulan November 2015. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yaitu: (1) Kepala sekolah SMP Negeri 1 Siak Hulu telah membuat perencanaan supervisi manajemen kelas, (2) Kepala sekolah SMP Negeri 1 Siak Hulu belum maksimal melaksanakan supervisi manajemen kelas, dan (3) Kepala sekolah SMP Negeri 1 Siak Hulu memberikan penilaian dan menindaklanjuti dari supervisi manajemen kelas yang dilaksanakan. Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah dan Manajemen Kelas.