Edukasi Kelistrikan Pada Masyarakat Melalui Media Sosial Instagram Oleh Humas PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau
Main Author: | Muhammad Akram, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/31061/1/Bab%20V%20Hasil%20Penelitian%20dan%20Pembahasan.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/31061/2/cover%20sampai%20selesai%20tanpa%20pembahasan.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/31061/ |
Daftar Isi:
- Penelitan ini dilatar belakangi dengan media sosial yang kemunculannya memudahkan manusia dalam mengakses dan menyampaikan informasi dengan cepat kebanyak orang. Kemudahan tersebut dimanfaatkan oleh bagian hubungan masyarakat (Humas) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau dengan menggunakan instagram yang merupakan salah satu dari bentuk media sosial yang ada untuk menyampaikan informasi berupa edukasi kelistrikan kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan edukasi kelistrikan dalam memberikan pemahaman mengeanai ketenaga listrikan pada masyarakat melalui media sosial instagram yang disampaikan oleh Humas PT (PLN) Persero Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan teori media sosial sebagai media komunikasi massa yang dikemukakan oleh Alexis .S. Tan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara dengan dua orang informan kunci dan satu orang informan tambahan serta dengan observasi dan dokumentasi yang dilakukan terhadap akun instagram @plnriaukepri. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa edukasi kelistrikan pada masyarakat melalui media sosial instagram yang dilaksanakan oleh Humas PT (PLN) Persero Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau memiliki peran memberikan fungsi memberikan informasi, fungsi mendidik, fungsi mempersuasi dan fungsi menyenangkan dalam membentuk pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai wawasan ketenagalistrikan berdasarkan konsep media sosial sebagai media komunikasi massa. Kata Kunci : Edukasi Kelistrikan, Media Sosial, Instagram, Hubungan Masyarakat.