KEMAMPUAN GURU MENGIMPLEMENTASIKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Jupriadi, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/31054/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/31054/2/UPLOAD.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/31054/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Jupriadi , (2020) : Kemampuan Guru Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tambang Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dalam Kemampuan Guru Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tambang Kabupeten Kampar. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tambang Kabupeten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Kemampuan Guru Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tambang Kabupeten Kampar. Populasi penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 3 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Total Sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Deskriptif Kuantitatif. Perhitungan data dilakukan secara manual yang diperoleh melalui observasi. Hasilnya untuk mendapatkan data apakah Baik atau Kurangnya Kemampuan Guru Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan analisis data diperoleh Kemampuan Guru Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islama di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Tambang Kabupeten Kampar dikategorikan Baik dengan hasil observasi guru PAI 71,90% yang berada pada rentang angka 60% sampai dengan 80%. Yang menunjukkan hasil baik. Kata Kunci : Kemampuan Guru, Mengimplementasikan, Pendekatan Saintifik