EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM DALAM LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEKANBARU
Main Author: | Galeri Yenadeka, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/30996/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30996/2/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30996/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Galeri Yenadeka, (2020): Efektivitas Penggunaan Media Film dalam Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan media film dalam layanan penguasaan konten untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 2)Motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah digunakan media film dalam layanan penguasaan konten. 3) Seberapa efektif penggunaan media film dalam layanan penguasaan konten untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment Design dengan menggunakan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 322 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah dan sangat rendah yang berjumlah 62 orang, yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu 31 orang di kelas eksperimen dan 31 orang di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket tertutup, dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas data menggunakan SPSS For Windows 21.0. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji Wilcoxon’s Signed Ranks Test. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dan setelah melakukan analisis statistik dan uji hipotesis, secara umum hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan media film dalam layanan penguasaan konten dari pertemuan pertama sampai pertemuan yang kedepalan berjalan sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. 2) Motivasi belajar peserta didik sebelum diberikan media film dalam layanan penguasaan konten berada di kategori rendah dengan rata-rata 91,81 dan setelah diberikan media film dalam layanan penguasaan konten mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan ratarata 166,39. 3) Penggunaan media film dalam layanan penguasaan konten efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, hal itu dilihat dari angka probabilitas Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, diketahui nilai signifikan dari Asymp. Sig adalah 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Efektivitas, Media Film, Layanan Penguasaan Konten,Motivasi Belajar