Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Persamaan Kuadrat
Main Author: | Mela Oktara, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/30722/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30722/2/GABUNGNA%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30722/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mela Oktara, (2020): Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Materi Persamaan Kuadrat Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif. Sedangkan untuk Penilaian Hasil Belajar (PHB) yang dikembangkan tidak berbasis STAD tetapi dikembangkan dengan materi persamaan kuadrat. Pengembangan perangkat pembelajaran mengikuti model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 3 Kampar tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah para ahli dan pakar dalam bidang matematika yang berasal dari dosen dan guru. Objek penelitian adalah Perangkat Pembelajaran berbasis Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Perangkat pembelajaran hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidannya 94,16% (sangat valid), adapun perangkat pembelajaran berupa RPP tergolong kategori sangat valid (91,11%), LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (92,31%), Penilaian Hasil Belajar (PHB) tergolong kategori sangat valid (94,35%). Hal tersebut menunjukkan bahwa Perangkat Pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Penilaian Hasil Belajar (PHB) berbasis Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) ini telah valid. Untuk tingkat kepraktisan terdapat 87,01% pada kelompok kecil sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah ditutup dalam waktu yang cukup lama. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model Kooperatif, Student Teams Achievement Division (STAD), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Penilaian Hasil Belajar (PHB), Persamaan Kuadrat.