Implementasi Akad Mudharabah Pada Tabungan BNI iB Hasanah Di PT. Bank BNI Syariah KC Panam Arengka Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau

Main Author: Teby Asy-syifa Tiara, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/30716/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30716/2/TA%20Teby%20Asy-syifa%20GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30716/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Teby Asy-syifa Tiara (2020): Implementasi Akad Mudharabah Pada Tabungan BNI iB Hasanah Di PT. Bank BNI Syariah KC Panam Arengka Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau Penelitian ini melatar belakangi implementasi akad mudharabah pada Tabungan BNI iB Hasanah di PT. Bank BNI Syariah KC Panam Arengka Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. Tabungan BNI iB Hasanah ini menggunakan akad wadi’ah atau mudharabah yang mana pada akad mudharabah nya menggunakan akad mudharabah mutlaqah. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang di lakukan di PT. Bank BNI Syariah KC Panam Arengka Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. Dimana yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah sebagian karyawan, dan yang menjadi objeknya adalah implementasi akad mudharabah pada Tabungan BNI iB Hasanah di PT. Bank BNI Syariah KC Panam Arengka Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi akad mudharabah dan kendala dalam implementasi akad mudharabah pada Tabungan BNI iB Hasanah di PT. Bank BNI Syariah KC Panam Arengka Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. Sampel penelitian ini adalah dua puluh tiga orang karyawan yang bertugas dalam pelayanan produk dan jasa pada PT. Bank BNI Syariah KC Panam Arengka Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau yang dimana terdiri dari Customer service Head, Teller, Customer Service, dan karyawan lainnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan objek penelitian. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat diketahui bahwa akad mudharabah mutlaqah pada Tabungan BNI iB Hasanah dijalankan oleh sistem yang ada di PT. BNI Syariah KC Panam Arengka Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau. Nisbah bagi hasil pada tabungan ini adalah 13:87. Jika bagi hasil mencapai 7 juta maka akan dikenakan pajak sebesar 20%. Kendala dalam implementasi akad mudharabah mutlaqah pada Tabungan BNI iB Hasanah di PT. BNI Syariah KC Panam Arengka Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau diantaranya adalah kurangnya sosialisasi pihak bank dengan masyarakat, kesalahan dalam pengisian data, kurangnya minat masyarakat karena adanya potongan bulanan, besaran bagi hasil tidak diketahui pasti dan kurangnya tenaga pemasar dalam tabungan ini. Kata kunci: Implementasi, Akad Mudharabah, BNI iB Hasanah, mudharabah mutlaqah