Pengaruh Gaya Mengajar Asertif Terhadap Perilaku Siswa dalam Pembelajaran Aqo’id di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru
Main Author: | Hardi Abdillah, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/30644/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30644/2/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30644/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Hardi Abdillah, (2020) : Pengaruh Gaya Mengajar Asertif Terhadap Perilaku Siswa dalam Pembelajaran Aqo’id di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar asertif terhadap perilaku siswa dalam pembelajaran Aqo’id di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh gaya mengajar asertif terhadap perilaku siswa dalam pembelajaran Aqo’id. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 317 siswa dan penarikan sampel dengan sampling purposive dengan jumlah sampel 32 siswa atau 10% dari populasi. Gaya Mengajar Asertif terkategori “Sangat Baik” dengan persentase 85.07%, dan Perilaku Siswa terkategori “Baik” dengan persentase 77.79%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya mengajar asertif terhadap perilaku siswa dalam pembelajaran aqo’id di Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru, ini terlihat dari rhitung > rtabel baik dalam taraf 1% maupun 5% (0.349 <0.506> 0.449), adapun persentase pengaruh gaya mengajar asertif terhadap perilaku siswa dalam pembelajaran aqo’id adalah sebesar 50.6% sedangkan sisanya sebesar 40.4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Gaya Mengajar Asertif, Perilaku Siswa