Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru Dalam Mempromosikan Tugu Titik Nol Di Kota Pekanbaru
Main Author: | Divo Abdillah.S, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/30593/1/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30593/2/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30593/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nama : Divo Abdillah.S Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru Dalam Mempromosikan Tugu Titik Nol Di Kota Pekanbaru Promosi memiliki peranan penting dalam pengembangan pariwisata yang berkaitan dengan usaha mengkomunikasikan potensi wisata di pekanbaru.Salah satunya yang menjadi perhatian Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru adalah tugu titik nol yang berada di pinggir sungai siak. Ornamen sejarah Kota Pekanbaru ini menjadi tempat favorit bagi sebagian orang sehingga dinas pariwisata Kota Pekanbaru perlu memiliki strategi komunikasi yang tepat dalam mempromosikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru dalam Mempromosikan tugu titik nol di Kota Pekanbaru. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Anwar Arifin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan dinas pariwisata adalah : (1) Mengenal khalayak, dengan memilih warga tempatan sebagai juru pelihara sehingga tau kondisi fisik khalayak serta mereka bisa memahami budaya dan sosiologi masyarakat tersebut. (2) Menyusun pesan, berupa pesan kata-kata, gambar dan dipublish oleh pihak yang berkompeten sesuai tupoksinya dalam mempromosikan tugu titik nol dengan memberikan edukasi akan sejarah tugu titik nol. (3) Menentukan metode, metode educative dan informative dengan menjelaskan tentang sejarah tugu titik nol tersebut. (4) Seleksi media yang digunakan dinas pariwisata adalah media internet dan media sosial diantaranya media instagram, facebok dan whatsapp karena media tersebut lebih banyak kalangan yang mengakses serta lebih cepat jangkaunnya. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Dinas Pariwisata, tugu titik nol Pekanbaru