Pengaruh Penggunaan Metode Berdoa Terhadap Perkembangan Nilai-nilai Keagamaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Anderen Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru

Main Author: Elsa Oktaviani, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/30554/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30554/2/GABUNGN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30554/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Elsa Oktaviani, (2020): Pengaruh Penggunaan Metode Berdoa Terhadap Perkembangan Nilai-nilai Keagamaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Anderen Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan bahwa perkembangan nilai-nilai keagamaan pada anak didik belum berkembang dengan optimal sehingga perlu dilakukan penggunaan metode berdoa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan nilai-nilai keagamaan pada anak di TK Anderen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 15 orang anak didik yang terdiri dari satu kelas. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Prasyarat dan Hipotesis dengan menggunakan program SPSS 17. Hipotesis penelitian ini adalah kegiatan penggunaan metode berdoa mempunyai pengaruh terhadap perkembangan nilai-nilai keagamaan pada anak Usia 4-5 Tahun di TK Anderen. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisa data pada perbandingan pretest dan posttest kelas yang diperoleh thitung = 58.378 dan Sig (2-tailed) = 0,000. Karena Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode berdoa dalam pembelajaran. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh metode berdoa sebelum dan sesudah perlakuan. Pengaruh penggunaan metode berdoa terhadap perkembangan nilai-nilai keagamaan pada anak di TK Anderen sebesar 84,53%. Kata kunci : Perkembangan Nilai-nilai Keagamaan, Penggunaan Metode Berdoa