Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun

Main Author: Hayatul Fitri Yani, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/30531/1/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30531/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30531/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hayatul Fitri Yani, (2020) : Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan hasil penelitian kepustakaan (library research. Metode Bermain Peran (role playing) dalam Perkembangan Bahasa anak usia dini, bermain peran sangat penting bagi perkembangan bahasa anak. Bermain peran memberikan kesempatan kepada para anak untuk mendramatisasikan sikap, tingkah laku atau penghayatan seseorang, seperti yang di lakukan dalam hubungan sosial sehari-hari dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode bermain peran (role playing) dalam perkembangan bahasa anak usia dini 5-6 tahun. Adapun teknik analisi data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu domain, taksonomi, dan contenr analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain peran (role playing) mampu memberikan pandangan positif terhadap perkembangan bahasa anak. mengembangkan semua aspek-aspek perkembangan anak termasuk perkembangan kemampuan bahasa anak. Kegiatan bermain peran dalam pengembangan kemampuan berbahasa anak, pada umumnya sudah sesuai dengan peranan kegiatan bermain peran salah satu dapat mendukung kemampuan anak berbicara dengan lancar karena adanya interaksi antara anak bersama temannya dalam melakukan kegiatan bermain peran. Tetapi jika permainan di lakukan secara individu maka perkembangan kemampuan bahasa anak kurang terlihat karena tidak adanya interaksi dengan teman lain dan tentunya anak akan kurang termotivasi untuk berdialog atau berbicara. Kata Kunci : Bermain Peran,Perkembangan, Bahasa