Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar
Main Author: | Lisa Arianto, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/30474/1/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30474/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30474/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Lisa Arianto, (2020): Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 60 orang. Sampel yang peneliti ambil adalah dua kelas yaitu eksprimen 30 siswa dan kontrol 30 orang, dimana seluruh populasi dijadikan sampel dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar sudah efektive berdasarakan uji t diperoleh hasil penelitian dimana t hitung atau 9,681>1,699. Dimana uji probabilitas signifikansi diperoleh hasil penelitian α ≥ nilai signifikan atau 0,05> 0,000. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan Ha diterima dan Ho ditolak yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) efektif untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Efektivitas, Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar