THE INFLUENCE OF READING INTEREST AND MASTERY ON READING COMPREHENSION OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AT SMPN 18 PEKANBARU
Main Author: | Natasa Amira, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/30427/1/Thesis%20Tasya%20BAB%201%2C%202%2C%203%20%26%205.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30427/2/Thesis%20Tasya%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30427/ |
Daftar Isi:
- Natasa Amira (2020): Pengaruh dari Minat Baca Siswa dan Penguasaan Kosakata terhadap Pemahaman Membaca Siswa Menengah Pertama di SMPN 18 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca siswa dan penguasaan kosakata terhadap pemahaman membaca di SMPN 18 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian korelasional menggunakan metode kuantitatif dengan dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua SMPN 18 Pekanbaru. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode random sampling dari tujuh kelas yang masing-masing kelas memiliki jumlah siswa yang berbeda. Total populasi adalah 254, dan total sampel adalah 72. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 25. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan satu kuesioner yang diadaptasi dan dua tes yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara minat baca dan pemahaman membaca. Itu bisa dilihat dari hasil korelasi. Signifikan (nilai-p) <α, 0.00 <0.05. Rxy adalah 0.816. Artinya minat baca dan pemahaman membaca berkorelasi. Tingkat korelasi memiliki korelasi yang sangat kuat, karena Rxy berada di kisaran 0.80-1.00. Kemudian, ada korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata dan pemahaman membaca. Itu bisa dilihat dari hasil korelasi. Signifikan (nilai-p) <α, 0.00 <0.05. Rxy adalah 0,885, itu berarti bahwa penguasaan kosakata siswa dan pemahaman membaca siswa memiliki korelasi yang sangat kuat karena Rxy berada di kisaran 0.80-1.00. Terakhir, ada korelasi yang signifikan antara minat baca, penguasaan kosakata pada pemahaman membaca. Hasil Fchange signifikan adalah 0.00 <0.05, artinya minat baca, penguasaan kosakata dan pemahaman membaca berkorelasi. Rxy adalah 0,897, itu berarti bahwa minat baca, penguasaan kosakata dan pemahaman membaca memiliki korelasi yang sangat kuat karena Rxy berada di kisaran 0.80-1.00. Hal ini dapat diinterpretasikan oleh hasil bahwa minat baca siswa dan penguasaan kosakata yang digunakan oleh guru dapat memberi siswa dampak pada pemahaman membaca siswa.