PENGARUH KINERJA GURU DAN PENDAYAGUNAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SWASTA KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

Main Author: ABDUL AZIS, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/30403/1/TESIS%20ABDUL%20AZIS%20OK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30403/2/18.%20BAB%20IV%20ABDUL%20AZIS%20OK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30403/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh kinerja guru dan pendayagunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta se-Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru yang berjumlah 323 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik proportionate random sampling dengan rumus Slovin yakni 173 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda yaitu Y= a + b1X1 + b2 X2. Hasil Penelitian ini menunjukkan nilai R 2 (koefisien determinasi) atau R Square sebesar 0,274 atau 27,4%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan prestasi belajar siswa oleh perubahan nilai variabel bebas kinerja guru dan pendayagunaan sumber belajar sebesar 27,4% sedangkan 72,6% ditentukan oleh perubahan faktor lainnya. Nilai thitung untuk variabel kinerja guru adalah 3,566 dengan sig. 0,000 lebih kecil dari 0,05 ini berarti ada pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa dan thitung untuk variabel pendayagunaan sumber belajar adalah 4.436 dengan sig. 0,001 lebih kecil dari 0,05 ini berarti ada pengaruh pendayagunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kinerja guru dan pendayagunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta se-Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Kinerja Guru, Pendayagunaan Sumber Belajar dan Prestasi Belajar.