Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru

Main Author: Nadia Amelia, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/30374/1/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30374/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30374/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nadia Amelia, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pekanbaru Penelitian yang dilakukan ini didasarkan kepada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kurangnya metode yang dilakukan pada pembelajaran yang ada. Usaha yang dilakukan peneliti dalam hal ini adalah menerapkan pembelajaran pendekatan Open–Ended dengan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) diharapkan bisa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan Open-Ended dengan Model Pembelajaran NHT dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah VII.5 sebagai kelas kontrol dan VII.1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunkan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended denganpembelajaran model NHT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) Terdapat kontribusi yang diberikan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan NHT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan NHT berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 3 Pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan Open-Ended), Model NHT (Numbered Head Together) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematika, Quasi Eksperimen