Efektivitas Metode Jibril Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Sekolah Menengeh Pertama Negeri 3 Kampar Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar

Main Author: Mawaddah Rahmi, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/30305/1/SKRIPSI%20GABUNG.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30305/2/HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30305/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mawaddah Rahmi, (2020): Efektivitas Metode Jibril Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Sekolah Menengeh Pertama Negeri 3 Kampar Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efektivitas Metode Jibril dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kampar Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Subjek Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kampar Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan objek penelitian ini adalah Efektivitas Metode Jibril dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kampar Batu Belah yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, test dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi serial. Berdasarkan analisis data terdapat pada positif yang signifikan efektivitas metode jibril dalam mengembangkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII sekolah menengah pertama negeri 3 kampar batu belah kecamatan Kampar kabupaten kampar, dengan mengacu pada taraf signifikan 1% sebesar 0,418 dan taraf signifikan 5% sebesar 0,325. Maka didapat hasil rch = 0,967 dan lebih besar dari “r” tabel pada taraf signifikan 1% maupun 5%, ini berarti Ha (hipotesa alternatif) diterima dan H0 (hipotesa nol) ditolak. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Jibril, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.