Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru

Main Author: Nurhafiza, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/30298/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30298/2/GABUNGAN%20TANPA%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30298/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurhafiza, (2020): Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil aktivitas belajar siswa pada tema sehat itu penting melalui penerapan metode eksperimen di kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya siswa kurang berinisiatif dalam bertanya, hanya beberapa siswa yang mengeluarkan pendapat serta memecahkan masalah dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 25 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh presentase aktivitas belajar siswa 51,50% atau berada pada kategori sedang. Kemudian setelah penerapan metode eksperimen pada pertemuan 1 siklus pertama hanya mencapai 71% atau berada pada kategori tinggi, pada siklus kedua mencapai 82% atau berada pada kategori tinggi, pada pertemuan 2 siklus pertama aktivitas belajar siswa menjadi meningkat yaitu 89% atau berada pada kategori sangat tinggi, pada siklus kedua mencapai 96% atau berada pada kategori sangat tinggi. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema sehat itu penting di kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Kata Kunci : Metode Eksperimen, Aktivitas Belajar