PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG ATURAN SHALAT BERJAMAAH TERHADAP PELAKSANAAN SHALAT BERJAMAAH DI SMK PGRI PEKANBARU
Main Author: | Mahrani, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/30295/1/HASIL%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30295/2/SKRIPSI%20GABUNG.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30295/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Mahrani, (2020) : Pengaruh Persepsi Siswa tentang Aturan Shalat Berjamaah terhadap Pelaksanaan Shalat Berjamaah di SMK PGRI Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh signifikan persepsi siswa tentang aturan shalat berjamaah terhadap pelaksanaan shalat berjamaah di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah: Apakah ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang aturan shalat berjamaah terhadap pelaksanaan shalat berjamaah di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu: variabel X (Persepsi siswa tentang aturan shalat berjamaah) dan variabel Y ( Pelaksanaan shalata berjamaah). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah penulis menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan rumus prodact moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Siswa Tentang Aturan Shalat Berjamaah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pelaksanaan shalat berjamaah. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa Persepsi Siswa Tentang Aturan Shalat Berjamaah adalah sebesar 88,21% atau dalam kategori Sangat baik. Sedangkan pelaksanaan shalat berjamaah siswa di sekolah adalah sebesar 87,57% atau dalam kategori Sangat tinggi. Melalui uji SPSS korealsi prodact moment, hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,442 lebih besar dari taraf signifikan 1% 0,250 dan 5% 0,325 ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak sehingga kesimpulan dari penelitian adalah: terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang aturan shalat berjamaah terhadap pelaksanaan shalat berjamaah di sekolah menengah kejuruan PGRI pekanbaru. Kata Kunci: Persepsi, Shalat Berjamaah