Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique terhadap Sikap Nasionalisme Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru
Main Author: | Ade Laila Rahma, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/30253/1/06.%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30253/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV%283%29.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30253/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ade Laila Rahma, (2020): Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique terhadap Sikap Nasionalisme Siswa pada Muatan Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dari model pembelajaran Value Clarification Technique dengan pembelajaran konvensional di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi dari gejala-gejala yang ditemukan pada saat pengamatan awal yaitu lemahnya rasa tanggung jawab dan rasa persatuan dan kesatuan seperti sikap tolong menolong di antara siswa, masih banyak siswa yang lemah dari segi moral seperti berkata kasar antara sesama siswa dan masih ada siswa yang tidak berani mengemukakan pendapatnya sesuai dengan yang diyakininya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V, sedangkan sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu kelas VE sebagai kelas eksperimen dan VD sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan uji t. Dari hasil penelitian diperoleh t viii hitung = 25,277 dan t = 1,999 untuk taraf kepercayaan 5%, berarti t hitung > t tabel, maka H a tabel diterima dan H ditolak yang berarti dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Value Clarification Tehnique terhadap sikap nasionalisme siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pekanbaru. Kata kunci : Model Pembelajaran Value Clarification Tehnique (VCT), Sikap Nasionalisme Siswa