PENGARUH APLIKASI BALILANJO.COM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MASYARAKAT KOTA SUNGAI PENUH DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Main Author: Prima Wilona Puspita, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/30222/1/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30222/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30222/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Prima, (2020) : “Pengaruh Aplikasi Balilanjo.Com terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Masyarakat Kota Sungai Penuh Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam”. Belanja online saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat, dari kalangan tua sampai generasi muda. Generasi muda saat ini cenderung lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk menjelajahi dunia maya, dimana mereka suka mencoba berbagai hal baru termasuk juga belanja online. Tidak hanya kalangan muda, saat ini kemajuan teknologi bahkan diikuti hampir semua kalangan. Hal tersebut juga sudah merambah diberbagai daerah termasuk masyarakat Kota Sungai Penuh. Mereka lebih tertarik dengan belanja online karena, kemudahan yang dirawarkannya sesuai dengan mereka yang suka melakukan berbagai hal dengan mudah dan cepat. Penelitian ini mengkaji bagaimana pengaruh salah satu aplikasi belanja online yang ada di Kota Sungai Penuh yaitu pengaruh aplikasi Balilanjo.com terhadap keputusan pembelian secara online. Mengetahui perspektif ekonomi Islam terhadap sistem penjualan pada aplikasi Balilanjo.com di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen Balilanjo.com. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah diambil dari semua populasi yakni sebanyak 50 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Uji peneliuan yang digunakan adalah uji instrumen berupa uji validitas dan uji realibilitas (simultan), uji regresi linier berganda dan uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, Promosi berpengaruh negatif karena dari hasil uji t, diketahui nilai t hitung (0,176) < t tabel (l ,800) dan signifikansi (0,861) > 0,05. Harga berpengaruh positif karena dari hasil uji t, diketahui nilai t hitung (2,488) > t tabel (l ,800) dan signifikansi (0,017) < 0,05. Kualitas berpengaruh positif karena dari hasil uji t, diketahui nilai t hitung (5,492) > t tabel (l ,800) dan signifikansi (0,000) < 0,05. Teknologi berpengaruh negatif karena dari hasil uji t, diketahui nilai t hitung (0,028) < t tabel (l ,800) dan signifikansi (0,978) > 0,05. Sedangkan secara simultan promosi, harga, kualitas, dan teknologiberpengaruh positif karenanilai F hitung > F tabel yaitu 34,263 > 3,204 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 terhadap kepututasn pembelian secara online pada aplikasi Balilanjo.com. Sistem penjualan pada aplikasi Balilanjo.com telah sesuai dengan prinsip jual beli dalam perspektif ekonomi Islam. Hal ini ditunjukkan dengan praktek jual beli yang dilakukan tidak ada yang bertentangan dengan etika perdagangan secara Islami, seperti halnya pengambilan keuntungan yang tidak berlebihan, produk yang diperjualbelikan bukanlah barang yang dilarang dalam syariat Islam. Kata kunci: Belanja Online, Keputusan Pembelian, aplikasi Balilanjo.com.