DESAIN DAN UJI COBA WEBLOG KIMIA KONTEKSTUAL UNTUK MENDUKUNG LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Main Author: Ayub Dova Riady, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/30136/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30136/2/UPLOAD.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30136/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ayub Dova Riady, (2020): Desain dan Uji Coba Weblog Kimia Kontekstual untuk Mendukung Literasi Sains Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Rendahnya literasi sains siswa di Indonesia berbanding terbalik dengan minat penggunaan internet siswa. Dibutuhkan upaya untuk meningkatkan literasi sains siswa dengan pembelajaran berbasis Weblog sebagai salah satu solusi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain media pembelajaran berbentuk Weblog kimia berbasis kontekstual untuk mendukung literasi sains siswa dan untuk mengetahui tingkat kelayakan serta respon peserta didik terhadap media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD), model penelitian yang digunakan yaitu menurut Borg & Gall yang dibatasi sampai tahap ke-5 yaitu, tahap pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan produk, uji coba produk dan tahap revisi. Produk dalam penelitian ini divalidasi oleh ahli media pembelajaran, ahli materi, diuji praktikalitas oleh guru bidang studi kimia, dan di uji respon peserta didik di SMA IT Al-Ittihad Pekanbaru. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran kimia berbentuk Weblog yang diberi nama Fun Chemistry. Kelayakan media pembelajaran kimia berbentuk weblog kimia berbasis kontekstual didasarkan pada a) Validator ahli materi mencapai persentase sebesar 93,33% dengan kriteria sangat valid, validator ahli media mencapai persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat valid. b) Tanggapan penilaian guru kimia melalui uji praktikalitas memperoleh persentase sebesar 92% dengan kriteria sangat praktis. c) Respon peserta didik kelas X SMA IT Al-Ittihad Pekanbaru terhadap keseluruhan desain media pembelajarn kimia berbentuk aplikasi android berbasis weblog, 80% menyatakan sangat bagus. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektifitas produk. Kata Kunci:Media Pembelajaran Kimia, Weblog, Kontekstual, Literasi Sains