Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan di Kelas V C Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru

Main Author: Agus Santoso, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/30064/1/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30064/2/GABUNGNA%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/30064/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Agus Santoso, (2020): Penerapan Strategi Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan di Kelas V C Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada tema Udara Bersih Bagi Kesehatan melalui penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here di kelas V C Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah satu guru orang dan siswa sebanyak 36 orang kelas V C Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan data keaktifan belajar siswa sebelum dilakukan tindakan hanya 30% atau berada pada kategori kurang baik. Setelah dilakukan tindakan keaktifan belajar pada siklus I meningkat yaitu 52% dengan kategori cukup baik. Pada Siklus II keaktifan belajar siswa meningkat lagi menjadi 82% dengan kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas V C Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, Keaktifan Belajar, Tema 2 Udarah Bersih Bagi Kesehatan.