EFEKTIVITAS TEKNIK LATIHAN ASERTIF DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RAMBAH
Main Author: | Jumiati Septi Suryani, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/30005/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30005/2/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30005/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Jumiati Septi Suryani, (2020) : Efektivitas Teknik Latihan Asertif dalam Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Interaksi Sosial Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik Latihan Asertif dalam layanan bimbingan kelompok terhadap Interaksi Sosial siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan yaitu Pre-Eksperimen dengan jenis The One-Group Pretest-Posttest Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 282 siswa kelas XI yang memiliki Interaksi Sosial rendah di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah Sedangkan subjek penelitian ini adalah 10 orang siswa yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa sebelum diberikan perlakuan/treatment berupa teknik latihan asertif dalam layanan bimbingan kelompok persentase rata-rata sebesar 59.1% termasuk kategori rendah setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif persentase rata-rata sebesar 83.2%, termasuk kategori tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil uji wilcoxon membuktikan bahwa teknik latihan asertif dalam layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan interaksi sosial siswa dilihat dari angka probabilitas Asyimp.Sig (2 tailed) 0.005<0.05 yang berarti teknik latihan asertif dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan interaksi sosial siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah. Kata Kunci :Bimbingan Kelompok, Teknik Latihan Asertif dan Interaksi Sosial