EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING DENGAN LAYANAN INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 TAPUNG KAMPAR
Main Author: | Suci Triana Munawaroh, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/30004/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30004/2/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/30004/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Suci Triana Munawaroh, (2020): Efektivitas Teknik Role Playing dengan Layanan Informasi terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung Kampar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik role playing dengan layanan informasi terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung Kampar. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pre-eksperimental denga jenis The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 & X MIPA 3 berjumlah 70 siswa. Sampel diambil sebanyak 18 orang siswa yang mengalami motivasi belajar rendah melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data digunakan dengan observasi, angket dan dokumentasi uji validasi dan uji reliabilitasi menggunakan program SPSS 23.00 for windows. Adapun teknik analisis data, peneliti menggunakan Uji Wilcoxon’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum diberikan teknik Role Playing dengan layanan informasi terhadap moivasi belajar siswa berada dikategori sedang dengan rata-rata 95. Setelah diberikan teknik Role Playing dengan layanan informasi terhadap moivasi belajar siswa mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 116, sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Layanan yang dilihat dari hasil observasi rata-rata 121 dengan persentase 81%, sehingga sebelum dan sesudah diberkan teknik role playing dengan layanan informasi terhadap motivasi belajar mengalami peningkatan sebanyak 21%. Dapat disimpulkan teknik Role Playing dengan layanan informasi efektif terhadap motivasi belajar siswa yang dilihat dari hasil analisis data bahwa Z tabel <Z hitung, 0.00,<0.05 sehingga Ho ditolak. Kata Kunci: Teknik Role Playing, Layanan Informasi, Motivasi Belajar