HUBUNGAN DISIPLIN SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKTEK PRODUK KREATIVITAS KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN FARMASI IKASARI PEKANBARU

Main Author: Maryati, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29995/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29995/2/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29995/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Maryati, (2020): Hubungan Disiplin Siswa dan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Praktek Produk Kreativitas Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Ikasari Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan disiplin siswa dan motivasi belajar pada mata pelajaran Praktek Produk Kreativitas Kewirausahaan materi wirausahaan dan kerja proyek Di Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Ikasari Pekanbaru. Penelitin ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang kurang termotivasi belajarnya padahal sebelumnya siswa disiplin seperti siswa yangtertidur dan bercerita ketika guru menjelaskan materi, siswa tidak bias menjawab pertanyaan, siswa enggan untuk bertanya dan dan adanya siswa yang mencontek tugas teman. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini yakni siswa SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian adalah hubungan disiplin siswa dan motivasi belajar, dengan populasi penelitian sebesar 330 sedangkan sampel penelitian dengan teknik proportional random sampling menjadi 181 siswa. Teknik pengumpulan data angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan data deskriptif kuantitatif dengan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin siswa dan motivasi belajar pada mata pelajaran praktek produk kreativitas kewirausahaan di SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru, hal ini ditunjukan dari uji hipotesis Rhitung > Rtabel (0,485>0,148). Sedangkan besarnya kontribusi antara disiplin siswa dan motivasi belajar mencapai 23,5% sedangkan selebihnya 76,5% dipengaruhi variabel lain. Kata Kunci: Disiplin Siswa, Motivasi Belajar