PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN DIGITAL LIBRARY TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL (Studi Kasus Perpustakaan Badan Pusat Statistik Provinsi Riau)

Main Author: Era Nurvia,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2999/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2999/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2999/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2999/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2999/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2999/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2999/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2999/
Daftar Isi:
  • Perpustakaan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau telah menggunakan sistem digilib sejak tahun 2012 sebagai layanan bagi pengunjung untuk mempermudah mendapatkan publikasi-publikasi yang ingin dicari. Namun masih terdapat beberapa kendala pada sistem ini seperti lamanya pengunjung mencari data dan tidak lengkapnya data yang tersedia menyebabkan pengunjung tidak menemukan data yang dicari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan Digital Library terhadap kepuasan pengguna di Perpustakaan BPS Provinsi Riau. Pada penelitian ini untuk mengukur kualitas layanan menggunakan metode Libqual yang dikenalkan oleh ARL(Associatin Research Libraries) yang terdiri dari 3 dimensi yaitu Affect of service, Information Controll, dan Library As Place. Teknik pengambilan sampling yang digunakan yaitu Sampling Aksidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Kuesioner yang disebar yaitu sebanyak 70 rangkap. Dari penelitian dapat diketahui bahwa kualitas layanan digilib secara keseluruhan sudah memiliki kualitas yang baik. dengan nilai rata-rata perpsepsi 3,59 dan harapan minimum 2,87. Namun masih terdapat GAP kesenjangan untuk harapan yang di idealkan. Kata Kunci: Affect of service, Digital Library, Information Controll, Library As Place, Libqual.