NB Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru

Main Author: Restu Ramadani, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29897/1/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29897/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29897/
ctrlnum 29897
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/29897/</relation><title>NB Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru</title><creator>Restu Ramadani, -</creator><subject>370 Pendidikan</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Restu Ramadani, (2020): NB Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru&#xD; &#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan perilaku sopan santun siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru dan (2) Faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru. Subyek penelitian ini adalah Guru Bimbingan Konseling, obyek penelitian ini adalah Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan perilaku sopan santun siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru. Informan penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan konseling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Layanan bimbingan kelompok telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan bimbingan kelompok yaitu: tahapan pembentukan, tahapan peralihan, tahapan kegiatan dan tahapan pengakhiran. (2) Guru bimbingan konseling telah mengembangkan perilaku sopan santun siswa melalui bimbingan kelompok, (3) Hasil evaluasi adalah sesuai kebutuhan siswa jika siswa masih kurang sopan santun maka akan dilaksanakan kembali proses layanan bimbingan kelompok, (4) Guru bimbingan konseling menindak lanjuti hasil layanan bimbingan kelompok dengan melihat perkembangan siswa. Jika ada beberapa siswa bermasalah langsung di tindak lanjuti dengan dibentuk satu kelompok. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yaitu: (1) Latar belakang guru bimbingan konseling (2) Guru bimbingan konseling hanya berjumlah satu orang, (3) Sarana dan prasarana belum cukup memadai seperti: ruang BK. (4) Waktu yang belum cukup tersedia seperti: Tidak ada jam BK disekolah dan bersifat insidental, dan (5) Kerjasama antara pihak luar yang terlibat dalam mengembangkan perilaku sopan santun seperti Kepolisian dan GERNAT. &#xD; &#xD; Kata Kunci: Pelaksanaan, Bimbingan Kelompok, Perilaku Sopan Santun</description><date>2020-08-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/29897/1/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/29897/2/BAB%20IV.pdf</identifier><identifier> Restu Ramadani, - (2020) NB Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>29897</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Restu Ramadani, -
title NB Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru
publishDate 2020
topic 370 Pendidikan
url http://repository.uin-suska.ac.id/29897/1/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29897/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29897/
contents ABSTRAK Restu Ramadani, (2020): NB Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan perilaku sopan santun siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru dan (2) Faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru. Subyek penelitian ini adalah Guru Bimbingan Konseling, obyek penelitian ini adalah Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan perilaku sopan santun siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Pekanbaru. Informan penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan konseling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Layanan bimbingan kelompok telah dilaksanakan sesuai dengan tahapan bimbingan kelompok yaitu: tahapan pembentukan, tahapan peralihan, tahapan kegiatan dan tahapan pengakhiran. (2) Guru bimbingan konseling telah mengembangkan perilaku sopan santun siswa melalui bimbingan kelompok, (3) Hasil evaluasi adalah sesuai kebutuhan siswa jika siswa masih kurang sopan santun maka akan dilaksanakan kembali proses layanan bimbingan kelompok, (4) Guru bimbingan konseling menindak lanjuti hasil layanan bimbingan kelompok dengan melihat perkembangan siswa. Jika ada beberapa siswa bermasalah langsung di tindak lanjuti dengan dibentuk satu kelompok. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yaitu: (1) Latar belakang guru bimbingan konseling (2) Guru bimbingan konseling hanya berjumlah satu orang, (3) Sarana dan prasarana belum cukup memadai seperti: ruang BK. (4) Waktu yang belum cukup tersedia seperti: Tidak ada jam BK disekolah dan bersifat insidental, dan (5) Kerjasama antara pihak luar yang terlibat dalam mengembangkan perilaku sopan santun seperti Kepolisian dan GERNAT. Kata Kunci: Pelaksanaan, Bimbingan Kelompok, Perilaku Sopan Santun
id IOS7815.29897
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2020-09-28T07:20:04Z
last_indexed 2020-09-28T07:20:04Z
recordtype dc
_version_ 1686573823245156352
score 17.538404