PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUSAN TELKOM PEKANBARU

Main Author: Ade Eka Suriyanti, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29846/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29846/2/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29846/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ade Eka Suriyanti, (2020): Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran PeningkatanKemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telkom Pekanbaru jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Non-equivalent Group Pretest Posttest Design. Populasi seluruh siswa yang belajar kewirausahaan di SMK Telkom Pekanbaru namun sampel penelitian di kelas XI karen Siswa Kelas XII tidak Boleh di Teliti. Sampel penelitian ini berjumlah 54 orang siswa, terdiri dari 28 orang siswa kelas eksperimen dan 26 orang siswa kelas kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan nilai Homogenitas Purposive Sampling, subjek yang diteliti adalah guru dan siswa kelas XI SMK Telkom Pekanbaru,sedangkan objek penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan SPPKB sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasidan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan SPPKB terhadap hasil belajar kewirausahaan SMK Telkom Pekanbaru dengan thitung> ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (2,007<2,759>2,674), dan nilai sig.<0,05 (0,004<0,05) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga hasil uji effect sizejuga menunjukkan besaran pengaruh penggunaan SPPKB terhadap hasil belajar kewirausahaan SMK Telkom Pekanbaru adalah sebesar 0,744 atau effect size tergolong sedang. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB), Hasil belajar, Kewirausahaan