PENGARUH SCHOOL WELL BEING TERHADAP KETERLIBATAN AKADEMIK SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANTAN BENGKALIS

Main Author: Nadia Nurhafizoh, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29844/1/GABUNGAN%20SKRIPSI%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29844/2/BAB%20IV%20PEMBAHASAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29844/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nadia Nurhafizoh (2020): Pengaruh School Well Being terhadap Keterlibatan Akademik Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantan Bengkalis Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh School Well Being terhadap keterlibatan akademik siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantan Bengkalis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa yang malas dalam memperhatikan materi pelajaran ekonomi yang disampaikan guru, masih ada siswa yang tidur saat proses pembelajaran ekonomi, masih ada siswa yang membuat keributan di dalam kelas saat kegiatan pembelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 336 dengan sampel 183. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI IPA maupun IPS sedangkan objek penelitiannya adalah pengaruh school well being terhadap keterlibatan akademik siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara school well being terhadasp keterlibatan akademik siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantan Bengkalis. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh koefisien nilai R Square = 0,83= 8,3% ini berarti variabel bebas school well being mempengaruhi variabel dependen keterlibatan akademik siswa sebesar 8,3% dan sisanya sebesar sisanya sebesar 91,7% dipengaruhi oleh variabel lain seperti jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran, metode mengajar guru, motivasi guru dan siswa, ukuran kelas, tingkat kelas, tingkat pendidikan dan yang lainnya yang tidak masuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : School Well Being, Keterlibatan Akademik