Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V pada Muatan Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhwan Pekanbaru

Main Author: Putri Indah Pertiwi, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/29816/1/BAB%20IV%284%29.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29816/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/29816/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Putri Indah Pertiwi, (2020): Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V pada Muatan Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhwan Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V pada muatan pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi atas rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah Quasi Experiment, populasi seluruh siswa kelas V MI AlIkhwan Pekanbaru, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.B sebagai kelas eksperimen dan V.C sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning rata-rata pencapaian keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,54 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 68,28. Berdasarkan analisis uji-t nilai t hitung = 3,461 dan t = 2,394 untuk taraf signifikan 5% diperoleh t hitung > t . Maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran tabel tabel contextual teaching and learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ikhwan Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa